Selasa, 10 Juli 2012

Bandar Analisis

Salah satu faktor untuk bisa sukses di bisnis saham adalah memahami analisa baik teknikal maupun fundamental. Tulisan saya sebelumnya udah membahas analisa teknikal menggunakan candlestick (lihat Membaca Alam Pikiran Para Trader Melalui Analisa Teknikal). Sebenarnya masih ada beberapa seri tulisan analisa teknikal yang harus ditulis, tapi ada ide yang muncul duluan di kepala yaitu mengenai bandar analisis..sehingga lanjutan tulisan analisa teknikal nanti menyusul...hehe..

Bandar atau broker yang juga berperan sebagai manajer investasi menjalankan dana yang berasal dari investor yang menyerahkan modalnya untuk dikelola, mempunyai modal besar karena menghimpun dana dalam jumlah besar yang kebanyakan bersumber dari institusi/lembaga seperti dana pensiun, lembaga keuangan, perusahaan-perusahaan yang ingin memutar uangnya di pasar modal selain yang bersumber dari investor ritel. Broker yang beroperasi di pasar modal Indonesia kalo diliat kepemilikannya ada yang asing dan lokal. Bedanya dah ketauan kan..?  kalo broker asing yang punya orang bule atau asia sedangkan kalo yang lokal berarti punya warga negara Indonesia tercinta...

Salah satu cara untuk tetap stay on the market nggak ketinggalan kereta adalah memantau tingkah laku bandar saat mereka trading. Di jaman yang serba canggih ini, maka kita dapat memata-matai gerak-gerik bandar untuk melihat mereka sedang trading saham apa saja, berapa  banyak lot saham tertentu yang udah mereka simpan, berapa harga beli/jual rata-ratanya. Kita dapat memantau pergerakan para bandar ini melalui fasilitas OLT (on line trading). Beberapa sekuritas udah menyediakan fasilitas OLT ini yang memungkinkan kita untuk bertransaksi jual beli saham melalui internet dengan nama sistem yang berbeda-beda seperti :
1. HOTS  milik PT E-Trading Securities,
2. IPOD milik PT Indo Premier Securities,
3. HERO milik PT Kiwoom Securities,
4. Indosuryatrade milik PT Asjaya Indosurya Sekuritas,
5. POEMS milik PT Philips Sekurities Indonesia, dll

Saya akan memberi contoh dengan menggunakan fasilitas yang ada di HOTS. Setelah memasukkan username dan PIN maka akan tampak tampilan awal HOTS. Disitu ada tabs dengan judul "Quote" dan klik menu 0011/Broker Transaction by Stock. Menu ini menampilkan antara lain :
1. Baris pertama berisi nama stock dan periode waktu yang bisa diset sesuai keinginan kita misalnya hari ini saja atau ditarik mundur  sampai beberapa bulan kebelakang,
2. Baris kedua berisi  harga terakhir, perubahan harga dalam rupiah maupun prosentase, volume (lot) dan value (Rp).
3. Baris ketiga berisi nama broker yang pegang saham, informasi buy/sell yang terdiri dari frekuensi transaksi, volume (lot), harga rata2, dan prosentase.

Dari menu Broker Transaction by Stock ini kita akan memperoleh informasi yang bermanfaat buat trading plan kita. Misalnya kita sedang memantau saham PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA). Jika kita set periode waktu untuk tanggal transaksi hari ini saja ( tanggal 10 Juli 2012) maka ketahuan kalo broker PT Deutsche Securities Indonesia dengan kode DB yang merupakan broker asing hari ini akumulasi BUY saham SSIA sebanyak 9.000 lot di harga Rp1.030 tanpa transaksi SELL sama sekali. Urutan kedua ditempati oleh broker PT Kim Eng Securities (Kode ZP) dengan akumulasi BUY sebanyak 5.390 lot dengan harga beli rata-rata sebesar Rp1.037,68 dan SELL sebanyak 145 lot dengan harga jual rata-rata sebesar Rp1.033,10 atau net buy sebanyak 5.245 lot.

Berdasarkan informasi tadi maka kita akan aman jika beli saham SSIA di range harga Rp1.030-Rp1.040, syukur2 bisa dapat dibawah harga pembelian broker tadi. Kita dapat mengeset jangka waktu untuk memperoleh informasi yang lebih akurat misalnya data transaksi selama beberapa hari atau bulan sebelumnya. Informasi tentang gerak-gerik bandar ini akan lebih akurat dengan cara mengkombinasikan dengan analisa teknikal lainnya seperti candlestick, RSI, MACD, Parabolic SAR dll untuk memperoleh sinyal BUY yang aman. Kapan saatnya menjual?...sama seperti saat kita masuk tadi selain sinyal SELL udah muncul maka kita juga bisa melihat pergerakan para bandar tadi yaitu jika hasil pantauan kita ternyata broker DB dan ZP udah mulai buang-buang barang maka kita siap2 untuk menjual.
 
Uraian tadi hanyalah sedikit cara untuk tetap bisa eksis di bisnis saham, dan kunci suksesnya adalah menerapkan dengan disiplin ketat trading plan yang sudah kita buat, baik pada saat membeli, menyimpan dan menjual saham.

Selamat berinvestasi......



4 komentar:

  1. Kalau di HERO bisa dilihat melalui menu Stock > Broker Transaction > [0163] Broker Transaction by Stock :D

    contoh layar: http://tinypic.com/r/2ih1q8h/6

    BalasHapus
  2. @kiwoom: terima kasih infonya

    BalasHapus
  3. menarik di tunggu ulasan teknikalnya, kebetulan saya juga fokus di sisi teknikal analis

    sugeng, Kim Eng Securities

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mas sugeng..tinggal cari waktu buat update blog yg rada susah..hehe..

      Hapus